Tuesday 23 August 2016

STOPLES KOSONG

cerita-anak-stoples-kosong

Cerita Anak

Hari itu kelas 4B terlihat lebih ramai daripada hari-hari biasanya. Sebelumnya Bu Rinda memberi tugas kepada murid-muridnya. Yaitu membuat tulisan tentang hobi, koleksi, atau apa saja yang disukai murid-muridnya. Namun Bu Rinda meminta mereka untuk membawa benda yang berkaitan dengan hobi atau koleksi tersebut, untuk dipertunjukkan di depan kelas.

Ada anak yang membawa kandang berisi kelinci. Ada juga yang membawa sangkar berisi burung parkit. Yang lain membawa koleksi perangko. Lalu ada seorang anak yang membawa cindera mata dari berbagai daerah, karena ia hobi jalan-jalan. Beberapa anak ada yang membawa pot berisi tanaman yang berbunga. Ada yang membawa karya lukisannya. Seorang anak membawa biola kesukaannya. Ada juga yang membawa buku bacaan favoritnya. 

Namun, dari semua benda tersebut, ada yang paling mengundang perhatian. Sedari tadi semua anak curi-curi pandang ke arah Rio dan benda yang dibawanya. Mereka bertanya-tanya, apa gerangan hobi Rio. Karena benda yang dibawa Rio hanyalah sebuah stoples kosong.

Ada seorang anak berbisik kepada kawan di sebelahnya. “Mungkin yang dibawa Rio itu, seekor semut. Karena kecil, jadinya tidak kelihatan. Stoplesnya seperti kosong.”

“Kok semut? Memangnya Rio hobi memelihara semut?” sahut temannya, juga berbisik.

Beberapa anak sudah mendapat giliran untuk mempresentasikan tulisan mereka. Benda, hewan atau tanaman yang mereka bawa pun unik-unik. Ketika tiba giliran Rio, anak-anak yang lain langsung fokus perhatiannya pada Rio. Mereka sudah sangat penasaran dengan benda yang dibawa Rio. Bahkan Bu Rinda pun tak kalah penasaran.

Ketika akhirnya Rio mulai bersuara, suasana kelas langsung hening.

“Saya sangat senang dengan hewan-hewan,” mulai Rio. “Terutama hewan yang memiliki sayap. Saya suka burung beo. Karena burung beo bisa meniru manusia bicara,” lanjut Rio seraya mengangkat stoples kosongnya.

Semua anak menatap tak mengerti. Apa hubungannya burung beo dengan stoples kosong yang dibawa Rio?

Terdengar Rio melanjutkan kembali.

“Selain bangsa burung, saya juga suka kupu-kupu. Karena sayapnya warna-warni.”

Sekali lagi Rio mengangkat stoples kosongnya.

“Saya juga suka capung.”

“Mana capungnya?” celetuk seorang anak. Suaranya tidak terlalu keras. Namun karena suasana kelas yang tenang, seisi kelas pun mendengarnya.

Mendengar pertanyaan itu, Rio sekali lagi mengangkat stoples kosongnya. Teman sekelasnya semakin dibuat tak mengerti.

“Saya suka capung, kecuali waktu ibu saya meletakkan capung di pusar saya sewaktu kecil. Katanya biar saya tidak mengompol lagi. Saya tidak suka karena geli.”

Anak-anak tertawa mendengarnya, termasuk Bu Rinda.

“Hewan paling kesukaan saya yang terakhir adalah lebah.”

“Lebah?” ulang seorang anak spontan. Mukanya berjengit karena rupanya ia takut lebah. Sebelum ini ia pernah tersengat.

Rio mengangguk seraya mengangkat stoples kosongnya. “Lebah bisa menghasilkan madu. Madu banyak manfaatnya bagi manusia.”

Rio mengakhiri presentasinya dan mengucap salam. Tampak wajah-wajah tak puas dari teman sekelasnya. Mereka masih tidak mengerti maksud dari stoples kosong tersebut. Namun karena mereka tidak menanyakannya, Rio tidak tahu kalau mereka bertanya-tanya.

Rupanya Bu Rinda yang menyuarakan rasa penasaran murid-muridnya. Ia juga sebenarnya penasaran. Sebelum Rio kembali ke tempat duduknya, Bu Rinda berkata,

“Nah, Rio, bisa kamu jelaskan kenapa kamu menggunakan stoples kosong? Sewaktu kamu menceritakan tentang hewan-hewan kesayanganmu?”

“Maaf, Bu,” jawab Rio. “Rio tidak bisa membawa burung, kupu-kupu, capung, apalagi lebah. Karena Rio tidak memelihara mereka.”

Terdengar bisik-bisik dari teman-teman Rio.

“Lho, berarti ceritanya tadi bohong?” bisik seorang anak. Beberapa orang saja yang mendengar. Di antaranya Rio dan Bu Rinda.

Bu Rinda tersenyum kepada Rio, memberi kesempatan kepada anak laki-laki itu untuk melanjutkan penjelasannya.

“Rio sangat suka pada hewan-hewan. Tapi Rio tidak tega mengurung mereka dalam sangkar. Karena Rio sayang pada hewan terutama yang bisa terbang, makanya Rio kasihan kalau melihat mereka terkurung di kandang.”

“Lalu stoples itu?” tanya Bu Rinda.

“Karena Ibu menyuruh membawa benda yang disukai, Rio tidak bisa membawa hewan-hewan kesayangan Rio ke sini. Makanya Rio bawa saja stoples ini. Pura-puranya rumah mereka. Maafin Rio, Bu.”

Mendengar penjelasan Rio, Bu Rinda amat tersentuh. Ia tersenyum seraya menepuk pelan lengan anak laki-laki yang memegang stoples kosong itu.

“Kamu anak yang baik hati, Rio. Ibu bangga sekali padamu. Menyayangi makhluk hidup adalah cabang ilmu yang sangat penting. Dan kamu telah berhasil memahaminya dengan baik,” ujar Bu Rinda.

Pelajaran di kelas 4B telah berkahir. Anak-anak kelas 4B mendapatkan pelajaran yang sangat berharga di hari itu. Dari sebuah stoples kosong, mereka telah belajar ilmu tentang kehidupan.


cerita & ilustrasi oleh Angewid
@ange_wid

No comments:

Post a Comment