Sunday 1 March 2015

CAT STORIES

resensi-review-buku

Review Buku

Judul : Cat Stories (Kisah-kisah Kucing)
Penulis : James Herriot
Alih Bahasa : Jia Effendie
Ilustrasi Cover : Widiyatno
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2012
Tebal : 216 halaman

Blurb
Seorang dokter hewan menceritakan berbagai pengalaman dengan pasien kucingnya. Ada Alfred si kucing toko permen yang punya masalah dengan bola bulu. Lalu ada Oscar. Sang dokter bertemu untuk pertama kalinya dengan Oscar ketika si kucing dalam keadaan amat sekarat. Ada pula Boris, seekor kucing yang tak bisa ditaklukkan. Sekalipun sang dokter hanya bermaksud membantu membuang tulang yang terselip di giginya, Boris tak pernah mengizinkan sang dokter mendekatinya.

Belum lagi si Frisk, seekor kucing yang setiap pagi terserang stroke. Lalu Olly dan Ginny, kakak beradik yang tidak bisa dibujuk masuk ke dalam rumah walau dengan rayuan santapan ikan apapun. Dan nampaknya sang dokter hanya punya harapan tipis untuk dapat membuat Olly menyukainya.

Review
Sang dokter hewan dalam buku ini, tak lain adalah James Herriot si penulis sendiri. Buku ini untuk pertama kalinya terbit tahun 1994. Dan berdasarkan pengakuan Herriot di halaman pengantar, kucing adalah salah satu alasan utama ia memilih karir sebagai dokter hewan.

Sesuai dengan judulnya, buku ini berisi berbagai kisah kucing. Ada sepuluh kisah tentang kucing. Kisah-kisah sederhana yang dituturkan dengan sangat menyenangkan, mengesankan dan menggemaskan. Ketika membaca buku ini, kita dapat merasakan kasih sayang sang penulis yang amat dalam terhadap kucing.

Semua kisah mengalir tenang. Namun sungguh dapat membuat saya tertawa dan juga terharu. Ketika Oscar si kucing belang harus pergi, saya ikut meneteskan air mata bersama Herriot dan istrinya. Sebaliknya, saya sampai terpingkal membaca tentang konflik pribadi antara Herriot dan Olly.

Yang sangat disayangkan dari buku ini hanya satu: bukunya kurang tebal. Ketika mencapai halaman-halaman terakhir, saya sangat berharap lebih banyak lagi kisah yang dapat saya baca.


5 dari 5 bintang

No comments:

Post a Comment